Jalin Silaturahmi Untuk Komunikasi Dan Berbagi Informasi

Telusur

Minggu, 16 September 2018

Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Share
20 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan





Bangun pagi-pagi dan pergi keluar rumah, tentu kita akan merasakan sejuknya udara pagi. Udara dimana masih segar dan  belum tercemari oleh asap kendaraan bermotor. Di waktu ini sangat cocok untuk olahraga yang paling murah. Apalagi kalo bukan lari-lari pagi. Cukup mencari spot yang kondusif dan  persiapan perlengkapan pakaian sudah cukup untuk melakukan aktivitas ini.
Aktivitas lari pagi ini semestinya sudah menjadi salah satu rutinitas kita. Beragam manfaat lari pagi bagi kesehatan memang sudah bukan rahasia lagi, berikut ini ulasan manfaat lari pagi selengkapnya :

1. Umur Lebih Panjang
Walaupun lari pagi banyak menggerakkan kaki bukan berarti efeknya hanya pada jangka pendek saja. Faktanya dengan lari pagi juga, kita akan memiliki manfaat untuk jangka panjang.
Penelitian :
Penelitian terbaru menemukan bahwa dengan berlari 56 Km dalam seminggu, akan menekan resiko kematian hingga 54%. Wow, tunggu apalagi mari kita mulai membiasakan lari pagi. Walaupun kematian adalah keniscayaan bagi manusia, namun usaha kita selama kita hidup turut menentukan usia kematian kita.
2. Kesehatan Jantung
3. Mencegah Impotensi
4. Memperkuat Tulang
5. Mencegah Dimensia
6. Memperbaiki Kualitas Tidur
7. Membakar Kalori
8. Tidak Mudah Sakit
9. Baik Untuk Pernafasan
10. Daya Tahan Tubuh Meningkat
11. Memperkuat Otot
12. Terhindar dari stress
13. Menyehatkan Paru-paru
14. Menjaga Stamina Tubuh
15. Mencegah Rasa Nyeri Otot
16. Memperkuat Tulang Kaki
17. Mencegah Resiko Diabetes
18. Mencegah Penyakit Rematik
19. Mengatasi Hipertensi
20. Mencegah Kanker Usus






Berapa lama sebaiknya lari pagi dilakukan?
Untuk benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat lari pagi ini, maka perlu serius melakukan rutinitas ini. Banyak yang awalnya semangat untuk melakukan rutinitas ini, namun semangat itu tidak bertahan lama. Waktu yang diperlukan juga harus di sesuaikan dengan baik. Jangan berlari dengan durasi yang sangat sedikit, kebanyakan orang berlari dalam 10 hingga 15 menit saja sudah berhenti. Namun berlari terlalu lama juga kurang baik, dan justru akan membuat tubuh kita kelelahan. Agar proses pembakaran efektif, lakukan hal ini ketika lari pagi :




·         Biasakan untuk berlari selama 45 menit
·         Dalam seminggu usahakan dilakukan sebanyak 3-4 kali
·         Berlarilah dengan santai dan dengan penuh kegembiraan, pelan asal pasti
·         Carilah rekan lainnya untuk turut membantu membiasakan rutinitas ini
·         Lakukan rutinitas itu dengan baik hingga menjadi kebiasaan
Jika ingin lebih nyaman kita bisa berlari sambil mendengarkan musiK lewat mp3 player. Selain tubuh sehat, pikiran kita pun akan terasa lebih senang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Like

G+

Tweet